Monday, August 5, 2013

Pengemasan

Pengemasan merupakan bentuk kegiatan yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang / produk menjadi siap untuk disimpan, dijual, dipakai dan dikirim untuk di distribusikan. Adanya wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi barang / produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik seperti getaran, gesekan atau benturan. Selain itu pengemasan juga mempunyai fungsi untuk menempatkan suatu hasil pengolahan atau produk industry agar mempunyai bentuk-bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan dan pendistribusian. Dari segi promosi wadah atau pembungkus juga berfungsi sebagai perangsang atau daya tarik pembeli. Untuk itu bentuk, warna dan dekorasi dari kemasan perlu diperhatikan dalam perencanaannya.

Asal mula kemasan itu sendiri sebenarnya telah dimulai sejak manusia mengenal cara penyimpanan bahan makanan. Cara penyimpanan bahan makanan secara tradisional diawali dengan memasukkan bahan makanan ke dalam suatu wadah yang ditemuinya. Seiring perkembangannya di bidang pasca panen, sudah banyak inovasi dalam bentuk maupun bahan pengemas hasil pertanian. Temuan kemasan baru dan berbagai inovasi selalu dikedepankan oleh para produsen produk - produk pertanian, dan hal ini secara pasti menggeser metode pengemasan tradisional yang sudah ada sejak lama di Indonesia.

Contoh Pengemasan Secara Tradisional

Pada pengemasan secara tradisional mengunakan bahan yang ada disekeliling kita pada saat itu yang banyak dapatkan / dijumpai dikebun, bahan itu antara lain berupa daun pisang, daun jagung, daun kelapa, daun aren, daun jambu air dan daun jati.

Cara pengemasannyapun dilakukan dengan berbagai macam cara seperti  pengemasan dengan cara digulung ( biasa mengunakan bahan daun pisang, daun jambu dan daun jagung ), pengemasan dengan cara melipat ( biasa mengunakan bahan daun pisang dan daun jambu ), pengemasan dengan membalut ( biasa mengunakan bahan daun pisang dan daun kelapa contoh makanan lepet ) dan cara pengemasan terakhir berupa menganyam bahan yang digunakan daun daun kelapa contoh makanan ketupat.

Pengemasan, diatas bertujuan untuk melindungi makanan dari kerusakan, juga merupakan daya pikat-bagi orang agar tergiur menikmatinya.

No comments:

Post a Comment